Manfaatkan Drum Bekas Untuk Budidaya Ikan, Apa Kelebihanya?

Budidaya Ikan Dalam Drum

Pembuatan kolam ikan bisa dari drum bekas yang sudah tak terpakai untuk membudidayakan ikan konsumsi. Apalagi untuk budidaya yang dilaksanakan pada pekarangan rumah yang tak begitu luas, kolam dari drum adalah pilihan yang terbaik. Untuk drum yang dipakai lebih baik terbuat dari bahan plastik. Apabila terbuat dari seng, kolam akan cepat karatan.

Keunggulan atau kelebihan kolam dari drum yakni mudah dipindah-pindahkan. Untuk bentuknya juga yang tak terlalu besar membuat drum ini gampang diatur di lahan yang tak terlalu luas. Dalam pembuatan kolam dari drum juga terbilang sangat murah, Anda cukup memanfaatkan drum-drum bekas yang masih layak pakai atau membeli drum yang baru.

Pemakaian drum bisa mempermudah Anda selama proses budidaya, dari proses pemeliharaan sampai dengan pembersihan kolam. Kolam ini sangat cocok digunakan untuk budidaya ikan skala kecil.

Kelemahan dari kolam ini adalah suhu yang terjadi dalam kolam ini sangat fluktuasi, dan perubahan suhu pada kolam ikan sangat berbahaya untuk keberlangsungan hidup ikan. Kekurangan lainnya, lebih mudah terjadi penguapan, drum mudah terguling jika tidak ditempatkan dengan tepat, dan harus rutin memberikan air tambahan.

Baca Juga:
Iniloh Jenis Lampu Pengganti Sinar Matahari, Mau Tau Apa Saja!
Teknik Jitu Memelihara Bibit Saat Urban Farming, Penasaran!
8 Syarat Ideal Dalam Beternak Burung Puyuh, Apa Saja Itu?

Sebaiknya jika Anda berminat menggunakan jenis kolam ini, gunakanlah drum yang terbuat dari plastik karena bahannya lebih ringan dari logam atau besi. Dan drum plastik juga tak akan berkarat seperti drum besi dan lebih gampang untuk dimodifikasi menjadi wadah budidaya ikan.

Bukan hanya drum plastik, Anda juga bisa memakai bis beton yang sering dipakai sebagai saluran air. Bentuk bis beton hampir mirip dengan drum, Untuk bis beton yang ideal dipakai menjadi kolam yaitu yang berdiameter 90 cm dengan ketinggian 1 m.

Untuk kolam drum bisa terbuat dari drum bekas yang berukuran tinggi 90 cm dan lebar 60 cm. Dengan demikian, kolam dibuat dengan model horizontal yang membutuhkan lubang pembuangan di sisi tengah bagian dasar kolam. Oleh karena itu, di bagian atas drum harus dipotong dan bagian bawahnya harus dilubangi.

Ayo bergabung di Fanpage kami “Pertanian & Perkebunan” agar selalu dapat info terkini tentang dunia pertanian, caranya dengan klik DISINI

Penggunaan model horizontal memiliki kelebihan, yakni area kontak udara dengan udara bebas lebih luas dibandingkan drum vertikal. Selain itu, penggunaan drum horizontal lebih memudahkan ikan bergerak di dalam kolam.

Peletakan kolam drum harus disesuaikan dengan penampungan limbah pembuangan. Fungsi dari lubang pembuangan ini juga untuk mengatur volume air di dalam drum. Dan jika air terlalu banyak akibat hujan, air di kolam bisa langsung dikurangi sebagiannya.

Semoga dengan adanya ulasan tersebut mengenai “Manfaatkan Drum Bekas Untuk Budidaya Ikan, Apa Kelebihanya?” dapat berguna dan bermanfaat.

Bagi Anda yang sedang memerlukan Plastik UV untuk proses budidaya, kami menyediakan dan melayani pemesanan Plastik Pertanian & Perkebunan dengan harga murah serta bahan yang berkualitas. Info harga produk klik DISINI dan pemesanan silakan hubungi kami melalui SMS/WA/CALL pada hari dan jam kerja pukul 08.00-16.00 WIB (Minggu dan Hari Besar TUTUP) di 0812.3258.4950 | 0877.0282.1277 | 0852.3392.5564 | 031–8830487
Atau chat Admin kami dengan klik salah satu link berikut:
http://bit.ly/AdminLC1
http://bit.ly/AdminLC2
http://bit.ly/AdminLC3

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s